AKAFARMA dan AKFAR PIM Tebar Penghargaan Mahasiswa berprestasi saat Wisuda -    Tingkatkan Profesionalitas Tenaga Teknis Kefarmasian lewat Uji Kompetensi

ARTIKEL gerhana 1

Published on July 28th, 2018 | by Apry

0

Tahun 2018, Gerhana Bulan Total 2 Kali Sambangi Indonesia

Malang, Warga negara Indonesia 28 Juli 2018 akan disuguhkan fenomena gerhana bulan total. Namun, kali ini ada yang berbeda dengan gerhana bulan tanggal 31 januari 2018 karena gerhana bulan 28 Juli 2018merupakan gerhana bulan totall dengan durasi terlama di abad ini.

Pada 31 Januargerhana 3i 2018, gerhana bulan total juga terjadi di Indonesia. Gerhana ini dapat dilihat di seluruh wilayah Indonesia.Tidak hanya di Indonesia, gerhana bulan total tersebut juga terlihat di Asia dan Amerika Utara. Terlihatnya gerhana bulan tergantung pada cuaca, jika cuaca cerah dan tidak berawan, maka gerhana ini terlihat secara sempurna. Proses gerhana bulan total dapat disaksikan secara langsung tanpa menggunakan alat bantu.

Selang 6 bulan berikutnya tepatnya 28 Juli 2018 Indonesia kembali disapa dengan Gerhana Bulan Total dengan durasi terlama.Gerhana bulan total atau “blood moon” yang terjadi  nanti merupakan gerhana terlama pada abad ke-21.

Durasi gerhana secara keseluruhan adalah 6 jam 14 menit. Yang membuat gerhana kali ini istimewa adalah Planet Mars. Gerhana bulan bertepatan dengan saat Planet Mars berada pada posisi terdekat dengan bumi dalam 15 tahun terakhir. Planet Mars akan terlihat jauh lebih besar dan lebih terang berwarna merah, dan terlihat sepanjang gerhana bulan total terjadi,

Gerhana bulan yang terjadi 2 kali di tahun 2018 ini menjadi magnet tersendiri bagi penggemar Astro Photography sebuah komunitas yang mempunyai hobi merekam secara detail benda seperti Bulan, Matahari, dan planet-planet. Seperti yang dilakukan Martin Mathadinata, Pria yang berasal dari kota Surabaya ini rela datang ke cangar Kabupaten Malang bersama beberapa rekannya hanya untuk mengabadikan peristiwa langka ini.

gerhana 2Senada dengan mMarthin Agus Bakri Sudharnoko Fotografer yang bertempat tinggal di Sidoarjo ini juga berkeinginan merekam momen langka ini. “ Saya berkeinginan membingkain Gerhana Bulan Total dan Saya bersyukur dan senang bisa memotret gerhana bulan ini “ Ujarnya, Lebih lanjut Pria yang memiliki peternakan ayam ini juga mengaku bahwa pengalaman memotret gerhana bulan dengan penggabungan konsep yang unik ini merupakan pengalaman pertama kalinya dalam mengabadikan Gerhana Bulan. (apryaje/pimonline)

 

 facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑

Menu Title