AKAFARMA dan AKFAR PIM Tebar Penghargaan Mahasiswa berprestasi saat Wisuda -    Tingkatkan Profesionalitas Tenaga Teknis Kefarmasian lewat Uji Kompetensi

BERITA Gili-Nokoh

Published on October 30th, 2017 | by Apry

0

Surga Tersembunyi Pulau Putri, Pulau Bawean

Keindahan Pulau Bawean Gresik bagaikan surga tersembunyi di pulau berjuluk Pulau Putri ini. Pulau yang dapat ditempuh dengan kapal ekspres selama 3 jam dari pelabuhan gresik ini memiliki potensi wisata yang luar biasa.

Rumah-Apung-up Bawean adalah sebuah pulau yang terletak di Laut Jawa, sekitar 80 Mil atau 120 kilometer sebelah utara Gresik. Secara administratif sejak tahun 1974, pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Menuju pulau bawean dapat ditempuh melalui Kapal Cepat Bahari Express selama 3 Jam dari pelabuhan gresik. Pulau yang didiami oleh suku bawean ini memiliki beberapa keunikan dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa bawean yang lebih mirip dengan bahasa madura dipakai dalam percakapan sehari-hari. Masyarakat dipulau ini sangat ramah dan menyambut setiap wisatawan atau orang yang datang ke pulau ini.

bahari expressWisatawan yang ingin menikmati beberapa spot di bawean dapat menyewa sepeda motor dengan harga 40-50ribu per hari, pasalnya di pulau ini tidak ada angkutan taksi maupun angkutan online. Memakai motor dipulau ini tak usah kuatir akan keamanan pasalnya di bawean sangat aman, Kunci motorpun sudah terbiasa menancap di motor dijalanan dan tidak akan hilang, maka jangan heran jika motor di pulau ini jarang dimasukkan ke dalam rumah. Selain itu rata-rata motor yang ada dipulau bawean tak memiliki spion, usut-punya usut ke beberapa masyarakat masyarakat bawean tak mau melihat kebelakang atau melihat masa lalu, oleh karena itu setiap motor tak berspion.

Danau-Kastoba-upPanorama laut yang mempesona dapat dilihat maupun dinikmati di beberapa pulau kecil sekitar bawean, seperti Gili nokoh dan Nokoh selayar. Pulau bersih ini sangat eksotis bak pantai di maladewa dengan hamparan pasir putih dan beningnya air bak hamparan kaca, Semua obyek wisata dipulau ini tak berbayar alias GRATIS maka jangan menyia-nyiakan waktu untuk mengexplore setiap sudut wisatanya.

Selain itu beberapa spot tujuan wisata seperti tanjung cina, tanjung ge’en dan gili barat, pantai ria, gili selayar dan pantai-pantai lainnya akan memanjakan mata dengan pemandangan sunset dan sunrise yang indah. Snorkling juga bisa dilakukan di tanjung cina dan gili nokoh dengan hamparan terumbu karang dan biota laut lainnya Sementara itu jika ingin menikmati potensi alam berupa dalau, maka danau kastoba akan menyejukkan mata dengan hamparan hijaunya daun dan beningnya air danau mistis yang berada di Pulau ini.

Rusa-Bawean-upBerkunjung ke pulau ini rasanya tak lengkap jika tak mengunjungi dan melihat hewan endemik asli pulau ini di penangkaran di desa pudakit timur. Rusa bawean adalah hewan asli yang berasal dari pulau ini yang kritis dan trancam punah. Maka upaca menangkarkan rusa ini dilakukan untuk menyelamatkan satwa ini dari kepunahan. apryaje/pimonline

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Tags: , , , , , , , , , , ,


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑

Menu Title