AKAFARMA dan AKFAR PIM Tebar Penghargaan Mahasiswa berprestasi saat Wisuda -    Tingkatkan Profesionalitas Tenaga Teknis Kefarmasian lewat Uji Kompetensi

BERITA no image

Published on July 26th, 2012 | by Bambang

0

SMK PIM, EVALUASI MUTU MELALUI AKREDITASI

Hari ini Kamis (26/7) SMK Kimia Industri Putra Indonesia Malang menyelenggarakan akreditasi. Akreditasi merupakan kegiatan penilaian sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. Penilaian meliputi seluruh proses manajemen yang ada di sekolah.

Proses persiapan berkas yang diperlukan dalam Instrumen Akreditasi dilakukan selama kurang lebih 2 minggu. Setelah berkas terkumpul, tahap berikutnya adalah evaluasi diri yang dilakukan oleh pihak intern sekolah. Evaluasi Diri merupakan penilaian pertama untuk menentukan kelayakan sekolah dibandingkan dengan standar kelayakan nasional.

Setelah Evaluasi Diri dilakukan, berikutnya adalah evaluasi eksternal. Evaluasi ini dilakukan oleh asesor dari Kanwil Dinas Pendidikan Jawa Timur. Dalam hal ini, asesor bertugas mensupervisi dan menilai  seluruh dokumen kegiatan manajemen sekolah berdasarkan Instrumen Akreditasi. Penilaian tersebut meliputi kurikulum dan proses belajar mengajar, administrasi dan manajemen sekolah, organisasi dan kelembagaan sekolah, sarana prasarana, ketenagaan, pembiayaan, peserta didik, peranserta masyarakat, lingkungan dan kultur sekolah.

Proses evaluasi selesai, tahapan berikutnya adalah penetapan hasil akreditasi. Penetapan nilai akhir dan peringkat akreditasi dilakukan melalui rapat pleno BAN-SM untuk menentukan nilai akhir dan peringkat akreditasi sekolah sesuai dengan kondisi nyata di sekolah. Penentuan hasil tersebut berdasarkan Laporan tim asesor yang memuat hasil visitasi, catatan verifikasi, dan rumusan saran bersama hasil evaluasi diri.

“Akreditasi jangan dijadikan kegiatan yang luar biasa di instansi pendidikan,” ujar Ulin salah satu asesor dari Kanwil Diknas Jawatimur dalam sambutannya sebelum akreditasi dimulai. Lebih lanjut Ulin menjelaskan bahwa Jika akreditasi dijadikan kegiatan luar biasa maka kegiatan tersebut menjadi  berat untuk dilakukan, jadi dianggap saja kegaitan rutin biasa.

“Proses manajemen di SMK PIM sudah berjalan cukup rapi, untuk menguji kualitas proses manajemen tersebut perlu dilaksanakan akreditasi,”jelas Dian Purnamawati, S.Si. Kepala SMK Kimia Industri. Lebih lanjut Dian memaparkan harapan kedepan  bahwa dengan akreditasi ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan manajemen SMK PIM.(bbg-pim online)facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑

Menu Title