AKAFARMA dan AKFAR PIM Tebar Penghargaan Mahasiswa berprestasi saat Wisuda -    Tingkatkan Profesionalitas Tenaga Teknis Kefarmasian lewat Uji Kompetensi

ARTIKEL Kimia

Published on March 13th, 2015 | by mutaqin Azka

0

Senyawa Kimia

Senyawa Kimia di dunia ini banyak sekali dan tak terhitung jumlahnya! Tanpa kita sadari tubuh kitapun adalah merupakan bagian dari senyawa kimia yang disebut dengan senyawa organik, begitupun juga dengan mahlukhidup lainnya.

Rumus Kimia
Untuk diketahui bahwa senyawa mengandung atom-atom dari dua atau lebih unsur yang terikat secara kimia untuk membentuk zat baru yang berbeda. Unsur-unsur pembentuk senyawa dengan perbandingan yang sama inilah yang disebut sebagai rumus kimia, Artinya rumus kimia ini merupakan cara untuk menunjukkan perbandingan unsur-unsur di dalam senyawa. Sebagai contoh, rumus kimia untuk air adalah H2O karena setiap dua atom hidrogen terikat dengan satu atom oksigen. Jadi intinya:

Rumus senyawa kimia adalah salah satu cara untuk mendeskripsikan susunan unsur yang membentuk senyawa.

Kelompok Senyawa Kimia
KimiaAda cara tentunya untuk membedakan senyawa kimia yang jumlahnya sangat banyak ini. Yaitu dengan membedakan serta memisahkannya berdasarakan ciri-ciri atau persamaan tertentu, maka terbagi menjadi beberapa kelompok yang lebih mudah untuk di bedakan. Yang pasti ini sudah dilakukan oleh para ahli, bahkan sebelum kita berhasil mendapatkan jawabannya, dan pengelompokkan senyawa kimia yang telah disusun merupakan pengelompokkan berdasarkan sifat kimia nya, yaitu kelompok asam dan basa, ada juga yang berdasarkan atom-atom yang dikandungnya.

Sifat-sifat Senyawa Kimia
Senyawa juga memiliki sifat sifat tertentu berdasarkan uraian diatas. Sifat sifat ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, namun sifat ini juga bisa membawa bahaya bagi manusia. Senyawa memiliki dua sifat utama yaitu tidak dapat dipisahkan secara fisika dan juga ada yang mempunyai sifat-sifat yang berbeda dari unsur pembentuknya

Untuk agar mudah memahaminya kita bisa ambil contoh seperti dibawah ini:

Natrium klorida (garam dapur) merupakanh suatu senyawa yang terdiri atas klorin (suatu gas beracun) dan natrium (logam yang sangat reaktif). Akan tetapi pada waktu bergabung menjadi satu, keduanya kehilangaan sifat berbahaya tersebut sehingga menjadi sesuatu yang berguna.

Besi dan Sulfur yang dipanaskan menjadi satu, sehingga membentuk senyawa (besi sulfida) yang juga mempunyai sifat berbeda dengan unsur-unsur aslinya. Tidak seperti besi, besi sulfida tidak bisa ditarik oleh magnet dan tidak juga seperti tepung sulfur. Juga perlu diketahui bahwa ketika keduanya bereaksi, maka besi dan sulfur tidak dapat dipisahkan lagi.

Senyawa Organik
Senyawa Kimia dalam tubuh mahluk hidup disebut juga Senyawa organik yang merupakan senyawa yang mengandung unsur karbon. Senyawa organik ini terdiri dari atom karbon yang terikatt pada unsur-unsur lain, seperti hidrogen dan oksigen. Atom-atom tersebut digabungkan oleh ikatan-ikatan kovalen yang kuat.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑

Menu Title