AKAFARMA dan AKFAR PIM Tebar Penghargaan Mahasiswa berprestasi saat Wisuda -    Tingkatkan Profesionalitas Tenaga Teknis Kefarmasian lewat Uji Kompetensi

ARTIKEL Kimia

Published on March 13th, 2015 | by mutaqin Azka

0

Reaksi Kimia Di Sekitar Kita

Apa itu Reaksi Kimia? Secara gampangnya adalah perubahan unsur unsur kimia dari suatu bahan sehingga terjadi senyawaan lain oleh sebab adanya unsur yang lepas.

Reaksi Kimia merupakan perubahan struktur molekul. Reaksi Kimia Ini dapat menjadi penggabungan molekul yang membentuk molekul lagi lebih besar dalam arti penataanulangan atom-atom dalam molekul. Bisa dikatakan Reaksi kimia itu selalu saja melibatkan terbentuk atau terputusnya ikatan kimia.

Jadi Reaksi Kimia ini proses alam yang sering menghasilkan perubahan senyawa kimia

Reaksi Kimia tidak hanya ada di Laboratorium, akan tetapi juga terjadi disekitar kita, jadi ketika suati materi bereaksi membentuk produk baru itu juga mengalami proses yang disebut Reaksi Kimia atau perubahan Kimia.  Ketika seorang ibu memasak ataupun sedang melakukan bersih bersih secara idak sadar juga mengalami reaksi kimia dimana tubuh kita hidup dan tumbuh tak lepas dari reaksi kimia. Begitu juga ketika kita meminum obat, menyalakan korek api, dan mengambil nafas juga melalui reaksi kimia.

Berikut ini macam macam contoh kecil reaksi kimia dalam kehidupan sehari-hari :

Saat Tumbuhan mengalami Fotosintesis dimana merupakan proses yang dipakai oleh tumbuhan dan mahluk hidup lainya dalam mengubah energi cahaya  Matahari, menjadi energi kimia dimana kemudian dibebaskan untuk bahan bakar aktivitas organisme.

Kimia

 

Proses Reaksi Kimia Respirasi seluler aerobik merupakan proses kebalikan dari fotosintesis dalam energi molekul disatukan dgn oksigen yang biasa kita hirup untuk melepaskan energi yang dperlukan oleh sel-sel kita ditambah karbon dioksida dan air. Energi yang dipakai oleh sel adalah energi kimia dalam bentuk  adenosin trifosfat.

Kimia

Proses Reaksi Kimia  respirasi anaerobik dimana menggambarkan satu set reaksi kimia yang memungkinkan sel untuk memperoleh energi dari molekul kompleks tanpa oksigen. Otot-otot sel melakukan respirasi anaerob setiap kali kita membuang oksigen yang kemudian sampai kepada mereka, seperti selama latihan yang sering atau berkepanjangan.

Kimia

Reaksi Kimia  Ketika kita menyalakan korek api, membakar lilin, membuat api, atau menyalakan panggangan, kita akan melihat reaksi pembakaran. Pembakaran menggabungkan molekul energik dengan oksigen untuk menghasilkan karbon dioksida dan air.

Kimia

Proses Reaksi Kimia Karat, adalah besi oksida, biasanya oksida merah yang dibentuk oleh reaksi redoks besi dan oksigen dengan adanya air atau kelembaban udara.

Kimia

Proses Reaksi Kimia Ketika Kita Mencampur Bahan Kimia. Misalnya  saja ketika kita menggabungkan cuka dan baking soda dalam membuat gunung berapi kimia atau susu dengan baking powder dalam sebuah resep, kita mengalami perpindahan atau metatesis reaksi ganda (ditambah beberapa hal lain). Bahan bergabung kembali untuk menghasilkan gas karbon dioksida dan air. Bentuk karbon dioksida gelembung di gunung berapi dan bisa membantu peningkatan pemanggangan.

Kimia

Reaksi Kimia Pada Baterai yang merupakan alat listrik-kimiawi yang menyimpan energi dan mengeluarkan tenaganya dalam bentuk listrik.

Kimia

Dalam Proses Pencernaa Ribuan reaksi kimia terjadi selama proses pencernaan. Ketika  kita menaruh makanan di mulut, enzim dalam air liur yang disebut amilase akan mulai memecah gula dan karbohidrat menjadi bentuk yang lebih sederhana supaya tubuh kita dapat menyerapnya.

Reaksi Kimia Asam Basa . Setiap kali kita mencampur asam (misalnya, cuka, jus lemon, asam sulfat) dengan basa (misalnya, baking soda, sabun, amonia, aseton), kita melakukan reaksi asam-basa. Reaksi ini menetralkan asam dan basa menghasilkan garam dan air.

Kimia

ProsesReaksi Kimia Pada Sabun dan deterjen dapat membersihkan dengan menggunakan reaksi kimia. Sabun mengemulsi kotoran, yang berarti sabun mengikat noda minyak noda sehingga mereka dapat dibersihkan dengan air. Deterjen bertindak sebagai surfaktan, menurunkan tegangan permukaan air sehingga dapat berinteraksi dengan minyak, mengisolasi mereka, dan dan membersihkannya.

Kimia

 

Jurusan Ini Lulusannya Selalu Di tunggu ==> Klik Di Sinifacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Tags: , ,


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑

Menu Title