Warning: Missing argument 2 for wpdb::prepare(), called in C:\DataFarmasi\DocumentRoot\putraind\www\wp-content\themes\gonzo\includes\widget_areas.php on line 154 and defined in C:\DataFarmasi\DocumentRoot\putraind\www\wp-includes\wp-db.php on line 1154
Potensi Nilam Indonesia – PIM "Putra Indonesia Malang"PIM "Putra Indonesia Malang" | Touch Your Future

SAINS no image

Published on March 16th, 2011 | by sentot_akafarma

13

Potensi Nilam Indonesia

Tanaman  nilam merupakan kelompok tanaman penghasil minyak atsiri. Minyak atsiri dari tanaman nilam dikenal dengan nama minyak nilam (patchouli oil).  Umumnya minyak  nilam  diperoleh  dari  proses  distilasi daun nilam. Minyak nilam mempunyai prospek yang baik karena harganya relatif tinggi dan belum dapat dibuat dalam bentuk sintesis.   Dalam industri parfum/ kosmetika,  keunggulan  minyak  nilam  belum ada produk apapun baik alami maupun sintetis yang dapat menggantikan minyak nilam dalam posisinya sebagai bahan fixative (pengikat wewangian)  dan aplikasinya sebagai antiradikal bebas dan antibakteri.  (Hyung Woo Kim, 2008, Nasruddin, dkk, 2009)

Minyak nilam Indonesia dikenal sudah 65 tahun yang lalu dan memenuhi  kebutuhan  minyak nilam  dunia dengan pangsa pasar 80-90%.  Minyak nilam  Indonesia  sangat  digemari  pasar  Amerika  dan  Eropa  terutama  digunakan untuk bahan  baku  industri  pembuatan  minyak wangi,  kosmetika,  farmasi  dan  industri  yang  lainnya. Pada tahun  2004,  mencapai  2.074  ton  atau  senilai  US$ 27,137 juta, selanjutnya beberapa  tahun  terakhir di pasaran Internasional minyak nilam mengalami fluktuasi harga yang sangat tajam dan posisinya  mulai  terancam  oleh  Negara  Brazil, Cina, India,  dan Vietnam  (Dirjenbun, 2006).

Terancamnya  produksi minyak nilam di Indoensia adalah rendahnya kualitas minyak nilam dan tidak tersedianya permintaan untuk pasar Internasional,  kemungkinan penyebabnya adalah spekulatif perdagangan, metode budidaya / pertanian nomaden (Sumatera, Jawa), penyakit, pengaruh harga komoditas pertanian lainnya, dan peningkatan biaya energi selama penyulingan.

Salah satu hal contoh spekulatif perdagangan adalah seringkali para petani dan pengusaha minyak nilam melakukan panen sebelum waktunya untuk memenuhi permintaan pasar dan mengakibatkan kandungan komponen utama minyak nilam rendah (Sastrohamidhjoyo, 1994) Pemanenan tanaman nilam siap diisiolasi minyaknya paling ideal sudah berumur enam bulan atau 5 – 8 bulan.

Beberapa daerah di Kabupaten Malang, Jawa Timur dalam beberapa akhir tahun ini gagal melakukan pemanenan tanaman nilam karena penyakit tanaman nilam yang diakibatkan jamur.  Jamur ini menyerang batang tanaman nilam yang berakibat bagian pangkal batang dari tanaman tersebut daunnya layu dan akhirnya mati.

Oleh karena itu perlu dilakukan beberapa studi untuk memperoleh minyak nilam sesuai dengan standar ekspor.  Beberapa hal yang harus dilakukan adalah standarisasi budidaya tanaman nilam, pencegahan dan penanggulangan penyakit tanaman nilam, optimasi pasca panen dan optimasi waktu penyulingan serta regulasi harga minyak nilam.

(sjr)

Komposisi Komponen Minyak Nilam

Minyak nilam mengandung lebih dari 30 jenis komponen kimia, termasuk 4 hidrokarbon monoterpen, 9 hidrokarbon sesquiterpen, 2 oksigenated monoterpen, 4 epoksi, 5 sesquiterpen alkohol, 1 norseskuiterpen alkohol, 2 seskuiterpen keton dan 3 seskuiterpen ketoalkohol. Komponen utama yang terdapat dalam minyak nilam ß–patchoulene; α-gurjunene; α–guaiene; ß–caryophyllene; α–patchoulene; seychellene; α–bulnesene; ß–guaienepoxide; α–bulnesenepoxide; norpatchoulenol; patchoulol; dan pogostol.

Karakteristik menurut  ISO 3757:2002, warna kuning–coklat kemerahan; bobot jenis 20°C/20°C = 0,952 – 0,975; indeks bias (nD20) = 1,5050–1,5150; kelarutan dalam etanol 90% pada suhu 20°C : larutan jernih atau opalesensi ringan dalam perbandingan volume 1:10; bilangan Asam : maksimum 4; bilangan Ester : maksimum 10; putaran Optik (-)40°–(-)60° dan    profil  kromatografi gas, dengan komponen (minimum(%)-maksimum(%)) : ß-patchoulene 1,8 – 3,5; copaene trace-1; α-guaiene 11-16; ß-caryophyllene 2–5; bulnesene 13- 21 ; nor-patchoulenol 0,35-1 ; patchoulol 27- 35 ; dan pogostol 1- 2,5.

Share Article :

Tags: , ,


About the Author



13 Responses to Potensi Nilam Indonesia

  1. Orangbiasaji says:

    Di daerah dampit banyak yg menanam n produksi nilam y kalo g salah ???

  2. patel says:

    saya bisa beli nilam daun kering

  3. Yayan Eri Wijaya says:

    Kami Para Petani Nilam butuh buyer nilam yang serius untuk membeli niloam kami. bisa kami suplay nilam sampai 1000-2000 liter/2 minggu. untuk Info Hub : Yayan ( 085213219222 atau 081298279222 )

  4. aliya bachmid says:

    saya punya stok nilam 75 kg dijamin kualitednya bagus mau dijual rp750.000/kg berminat hub:0853 4233 8954 transaksinya bisa jemput,bisa antar.

  5. S.J Raharjo says:

    Sabar pak ….

  6. minyaj nilam says:

    saya sepakat dengan sentot raharja minyak nilam indonesia terancam di pasar internasional karena kualitas menurun selain karena bahan baku juga karena perlakuan pasca penanen seperti metode dan alat destilasi yang digunakan mereka hanya ikut-ikut membuat tanpa memeikirkan hal teknis padahal masih banyak alat yang murah tapi kualitas minyak yang dihasilkan lebih baik kadar rendemennya dan pa hanya dng kisaran rp 65.000.000/unit seperti http://indonesia-patchouli-oil.blogspot.com/

    • S.J Raharjo says:

      Terima kasih, memang benar saat ini kita belum memberi contoh yang baik dalam pengolahan pasca panen dan teknik distilasinya, mari kita sahring bersama-sama mengembangkan metode isolasi minyak nilam ini, saya lagi mengembangkan penelitian minyak nilam, terutama dalam metode isolasinya. Doakan sebentar lagi saya publikasikan, menunggu ujian selesai, GBU

  7. yunus says:

    saya butuh pembeli minyak nilam..

  8. Sentot J. Raharjo says:

    Dh, Terima kasih memberikan comment ttg potensi nilam Indonesia. Kebetulan saya lagi meneliti potensi nilam dari berbahai perlakuan pasca panen. Sebagai bahan penelitian saya ambil dari wilayah Malang Selatan. Varietas tanaman nilam aceh di wilayah tersebut adalah Balitro dan Sidangkala. Mohon maaf kami belum dapat menyediakan bibit tersebut. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan bibit yang relatif baik silakah hubungi : Balitro, dengan alamat website : http://balittro.litbang.deptan.go.id/ind/
    Demikian, terima kasih

    • tayeb says:

      dimana tepatnya tepat penyulingan nilam kalau di jawatimmur, adakah informasi dimana dipsarkan nilam. makasih

  9. saya mau pesan bibit tanaman nilam aceh tolong berapa harganya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better