AKAFARMA dan AKFAR PIM Tebar Penghargaan Mahasiswa berprestasi saat Wisuda -    Tingkatkan Profesionalitas Tenaga Teknis Kefarmasian lewat Uji Kompetensi

ARTIKEL Obat Jerawat

Published on April 25th, 2012 | by Admin Teguhz

1

PEMBUATAN OBAT JERAWAT UNTUK REMAJA

PENDAHULUAN
Salah satu penyakit kulit yang merisaukan remaja dan dewasa adalah jerawat, karena dapat mengurangi kepercayaaan diri seseorang. Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang polisebasea yang ditandai dengan adanya komedo, papul, pustul, nodus, dan kista pada tempat predileksi. Jerawat merupakan kelainan kulit yang bersifat umum, menyerang hampir pada semua remaja yang berusia16-19 tahun, bahkan dapat berlanjut hingga usia 30 tahun. Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit.
Di pasaran sediaan anti jerawat telah banyak beredar baik dalam bentuk gel, krim dan losio tetapi dari jenis sediaan tersebut sediaan bentuk gel lebih banyak dipilih. Gel merupakan sediaan semi padat yang cenderung tidak berwarna yang terdiri dari suspensi partikel anorganik kecil atau molekul organic besar terpenetrasi oleh suatu cairan. Karena lebih banyak mengandung bahan air, gel lebih bisa memberikan sensasi dingin di kulit, mudah diabsorbsi dan membentuk lapisan film sehingga mudah dicuci. Karena kelebihan-kelebihan di atas , sediaan gel lebih disukai oleh konsumen.
DASAR TEORI
Salah satu zat akif yang digunakan dalam sediaan gel sebagai antijerawat adalah Clindamycin HCl. Clindamycin HCl merupakan antibiotic spectrum luas yang berkhasiat sebagai akne vulgaris ( pembekakan akibat jerawat ). Pemerian clindamycin yakni serbuk hablur putih, tidak berbau. Clindamycin HCl memiliki karakteristik larut dalam air , kelarutan meningkat dalam air hangat ( 30 C ) dan methanol.
Karboksimetilselulosa Natrium ( CMC Na ) merupakan garam natrium dari polikarboksilmetil eter selulose. Bentuk fisiknya yaitu berupa serbuk atau granul, putih sampai krem, higroskopis. Kelarutannya meliputi mudah terdispersi dalam air panas membentuk larutan koloidal ( gel ), tidak larut dalam etanol, dalam eter dan dalam pelarut organik lain. CMC Na memiliki bentuk partikel yang berongga yang mudah memuai saat bersentuhan dengan suhu yang tinggi. Rongga yang besar memungkinkan CMC Na memiliki porositas yang tinggi saat berinteraksi dengan pelarut , sehingga CMC Na akan mudah larut.
Seperti kutipan di atas, terdapat dua bahan utama yang harus dicampurkan. Clindamycin adalah bahan yang pertama kali dilarutkan dalam 1/4 air suhu (hangat ). Untuk selanjutnya ¾ bagian air ( panas ) ditaburi oleh CMC Na. Saat CMC Na terbasahi oleh air panas akan terbentuklah fase gel. Pencampuran campuran pertama dan kedua menjadi langkah terakhir.Penambahan bahan pengaroma direkomendasikan agar dihasilkan sediaan gel yang dapat diterima, terutama oleh kalangan remaja. Pengaroma Aqua Roseae bisa menjadi alternatif yang ditambahkan.

FORMULASI

R/ Clindamycin 1,2 %
CMC-Na (5%) ad 10 g
Aqua Roseae qs
M. f. gel
S u e

Catatan:
R/recipe = Ambillah
M. f = misce fac = campur dan buatlah
Sue = signa usus externus = tandailah untuk pemakaian luar
qs = quantum sufisite
alat
Perhitungan bahan:
PERENCANAAN PEMBUATAN 100 gram ( 20 peserta) @ 5 gram salep
Clindamycine ( 1,2 g)/100g X 100 g = 1,2 g
CMC-Na 5% = (5 g)/(100 g) X (100 g – 1,2 g)
= 0,05 g X 98,8 g
= 4, 94 g
Aqua = 98,8g – 4,94g
= 93,86 g = 93,86 ml
Pengemas @ 5 gram = 20 buah

Berat jenis air adalah 1, sehingga 1g setara dengan 1 ml.
Alat yang digunkan :
Mortir dan stamper
Sendok tanduk
Beaker Glass

CARA PEMBUATAN :

Ditimbang Clyndamycin
Tambahkan clyndamycin dengan ¼ bagian air aduk hingga homogen. ( campuran 1 )
Ditimbang CMC Na
Taburkan sisa air , tunggu 15 – 30 menit sampai kemudian diaduk sampai terbentuk masa gel. ( campuran 2 )
Campurkan kedua campuran di atas hingga homogen.
Kemudian masukkan dalam wadahfacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Tags: , ,


About the Author



One Response to PEMBUATAN OBAT JERAWAT UNTUK REMAJA

  1. Ampas apel untuk masker di wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑

Menu Title