AKAFARMA dan AKFAR PIM Tebar Penghargaan Mahasiswa berprestasi saat Wisuda -    Tingkatkan Profesionalitas Tenaga Teknis Kefarmasian lewat Uji Kompetensi

BERITA no image

Published on June 19th, 2012 | by Apry

0

PELATIHAN KADER KESEHATAN REMAJA TINGKAT SMP/SMA DAN YANG SEDERAJAT

Upaya penigkatan partisipasi generasi muda dalam pembangunan perlu dilakukan pembekalan dini secara terpadu lintas program dan lintas sector yang terkait. Dalam bidang kesehatan program yang terkait peningkatan partisipasi generasi muda dalam pembangunan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas upaya generasi muda dalam peningkatan status kesehatan dan produktifitasnya.

Menyadari akan hal tersebut, Dinas Kesehatan Kota Malang  melaksanakan kegiatan Pelatihan kader kesehatan Remaja pada tanggal  18 Juni 2012. Kegiatan ini diikuti oleh remaja tingkat SMP/SMA yang sedarajat di kota Malang. Ada dalam undangan seminar kesehatan ini diantaranya 7 (tujuh) SMA dan 2 (dua) SMP di kota Malang. 7 (Tujuh) SMA di antaranya adalah siswa SMK Putera Indonesia Malang.

Program Pelatihan Kader Kesehatan Remaja yang dijadwalkan setiap 1 tahun sekali ini bertujuan untuk memupuk dan menanamkan kebiasaan hidup sehat dan mempertinggi derajat kesehatan generasi muda yang meliputi :

-            Memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat serta berpartisipasi aktif dalam upaya peningkatan kesehatan di lingkungannya.

-            Memiliki kesehatan yang prima baik fisik, mental, sosial maupun lingkungannya.

-            Memiliki daya hayat dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk, penyalahgunaan narkoba, alcohol dan kebiasaan merokok serta hal-hal yang berkaitan dengan pornografi dan masalah sosial lainnya.

-            Memberikan pendidikan seksual kepada remaja sedini mungkin agar mengerti plus minusnya.

Pelatihan ini dibuka oleh Ketua Panitia “seminar kesehatan” dari  Dinas Kesehatan Kota Malang Sri Anjani. Ketua Dinas dalam sambutannya menitipkan kepada generasi muda sebagai pemegang estafet kepemimpinan bangsa untuk dapat menjadi pioner pembangunan dimanapun berada ,” Dengan terselenggaranya acara seminar ini saya berharap kepada generasi muda untuk selalu menjadi pemuda yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan selalu membangun segala visi-visi positif” ucap ketua panitia seminar kesehatan Sri Anjani. Oleh karena itu generasi muda harus sehat fisik, mental dan sosial, memiliki kemampuan dan keterampilan dalam upaya-upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Upaya peningkatan partisipasi generasi muda dalam pembangunan kesehatan secara langsung akan dilakukan antara lain Pelatihan Kader kesehatan Remaja ini, Pembinaan Palang Merah Remaja, Pembinaan Saka Bakti Husada, UKS dan lain-lain terhadap generasi muda dalam dan luar institusi pendidikan. Kegiatan-kegiatan ini akan di tingkatkan dan dikembangkan di seluruh wilayah Kota Malang tentunya dengan kerja sama lintas program dan sector yang terkait.

Pelatihan Kesehatan Remaja kali ini diisi dengan materi-materi yang berkaitan dengan manajemen pengembangan partisipasi dan kemandirian generasi muda dalam pembangunan kesehatan kedepan dan meteri mengenai pengenalan masalah tehnis kesehatan yang diberikan oleh Dinas kesehatan dan jajarannya.facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑

Menu Title