BERITA 2

Published on July 21st, 2017 | by Apry

0

Pasca Sisihkan Ribuan Peserta, Mahasiswa AKFAR Raih Hibah PKM DIKTI Puluhan Juta Rupiah.

Malang, Mahasiswa Akademi farmasi (AKFAR) berhasil menerima Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dikti tahun 2017 setelah menyingkirkan ribuan peserta dari perguruan tinggi lainnya.

3Penandatanganan kontrak dana hibah dari Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) dilakukan di ruang kuliah saponin pada tanggal 20 Juni 2017.  Dua kelompok tersebut patut diapresiasi pasalnya generasi penerus bangsa tersebut telah menciptakan inovasi baru  bagi dunia kesehatan. Kelompok yang di ketuai oleh Gasa Atma Saputra melakukan penelitian terhadap aktivitas cuka umbi bit yang bisa dipakai sebagai anti kolesterol, anti diabetes, dan anti asam urat. Dari hasil inovasi tersebut mahasiswa AKFAR PIM menerima dana hibah untuk penelitian sebesar Rp. 10.000.000,-.

“Suatu kebanggan bagi saya, karena untuk lolos program PKM ini gak gampang persaingannya banyak dan ketat saat itu saya urutan 1432 dan saya sangat bersyukur bisa lolos program PKM ini” , ujar Gasa. Lebih lanjut pria asal bojonegoro ini juga mengharapkan untuk adik tingkat untuk maju membuat proposal PKM seperti yang telah dilakukannya, karena dengan cara seperti ini bisa menjadi kebanggan diri sendiri dan bisa mengangkat nama institusi.

1Sementara itu kelompok lainnya yang diketuai oleh Nabila Ulia Kurniasari mengangkat kegunaan daun tin bagi kesehatan khususnya sebagai anti kolesterol. Bersama ketiga rekannya agnes, niada, tanti sukses meraih program hibah PKM sebesar Rp. 4.375.000,-. Senada dengan Gasa, wanita asal batam ini juga berharap adik-adik tingkatnya diharapkan juga mampu berinovasi dalam menciptakan produk-produk yang baru sehingga nama akfar pim lebih dikenal di kanca Nasional.

Nur Chandra Eka Setiawan, S.Si., M.Pd. sebagai Pembantu Direktur 1 bidang pembelajaran dan kemahasiswaan saat diwawancara PIM Online berjanji akan memberikan beberapa fasilitas untuk mahasiswa yang mempunyai tagline “ Kampus farmasinya Malang “.

Fasilitas tersebut diantaranya akan membebaskan mahasiswa untuk Ujian Karya Tulis Ilmiah dan jika mereka bisa melaju sampai Internasional maka akan kita dibebaskan untuk UAP (ujian akhir program). Hal ini berikan institusi kepada Mahasiswa sebagai rasa bangga dan cinta almamater karena mereka telah membawa nama baik Institusi dikancah Nasional.

IMG-20170721-WA0006Pasca penandatanganan Program Kreativitas Mahasiswa, 2 Kelompok mahasiswa AKFAR PIM melakukan monitoring dan evaluasi di Universitas Negeri Malang (UM) pada tanggal 12 Juli 2017 bersama beberapa peserta dari perguruan tinggi lainnya. Dengan lolosnya 2 kelompok menerima dana hibah tersebut maka tak bisa diragukan lagi kompetensi AKFAR PIM dalam menciptakan generasi yang cerdas dan mampu menciptakan inovasi-inovasi yang baru. Pendaftaran Gelombang 2 AKFAR PIM saat ini masih membuka pendaftaran hingga tanggal 31 Juli 2107. CP.0813 266 052 70. apryaje/pimonline

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑

Menu Title