ENTREPRENEUR Juni2013 sampah

Published on June 4th, 2013 | by Admin Teguhz

0

MERAJUT SAMPAH MENJADI RUPIAH

Sampah adalah masalah. Setiap hari semakin bertambah volume sampah di sekitar kita. Salah satu penyebabnya adalah karena tingkat pertumbuhan ekonomi maupun jumlah penduduk, dan berbanding lurus dengan kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

Salah satu kegiatan yang digalakkan oleh pemerintah adalah program 3R yaitu Reduce (mengurangi pemakaian) – Reuse (pemakaian ulang) – dan Recycle (mendaur ulang).

Sejauh ini, sudah banyak produk-produk daur ulang dari sampah, mulai dari sampah kertas, kulit atau sisik ikan, maupun plastik bekas.

Dan tahukah anda bahwa mendaur ulang sampah menjadi produk layak jual bisa di mulai dari sampah rumah kita? Caranya mudah kok…..

Pada kesempatan ini saya mengajak anda untuk mendaur ulang sampah dari tas kresek bekas belanjaan sehari-hari. Dengan bahan yang mudah didapat dan sedikit keterampilan merajut, anda bisa mengubah tas kresek bekas menjadi aneka macam produk rajutan. Dan yang terpenting dapat menambah sumber penghasilan serta mengurangi volume sampah di sekitar kita.

Yang kita butuhkan untuk merajut adalah:

  1. Tas kresek bekas
  2. Hook (benthel) ukuran no. 5 – 6
  3. Gunting
  4. Sabun detergent

Selanjutnya yang kita lakukan adalah membersihkan dan mengumpulkan tas kresek bekas tersebut berdasarkan warna dan ukurannya. Setelah terkumpul, potong bagian atas dan bawah hingga tersisa badan tas kresek yang utuh dan mudah untuk dibersihkan dengan sabun deterjen. Kemudian jemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung supaya tas kresek tersebut tidak mudah rusak. Jika sudah cukup kering, rapikan bentuk tas kresek supaya mudah untuk mengguntingnya menjadi bahan rajutan.

Merajut adalah mengaitkan benang atau sesuatu yang berbentuk seperti tali panjang dengan hook (benthel) hingga menjadi model tertentu. Jadi, kita harus merubah tas kresek tersebut menjadi bahan rajutan berbentuk tali panjang dengan cara mengguntingnya.

Teknik menggunting dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunting secara spiral dan melipat tas kresek secara memanjang lalu mengguntingnya. Untuk tas kresek yang tebal, gunting dengan ukuran 2-3 cm. Sedangkan untuk tas kresek yang tipis, gunting dengan ukuran 3 – 4 cm.  Setelah itu sambung ujung – ujung guntingan tas kresek tersebut dengan cara disimpul menjadi tali yang panjang. Untuk mempermudah kegiatan merajut anda, gulung dan kelompokkan tali hasil guntingan tersebut sesuai warna dan coraknya. Nah, bahan rajutan sudah siap untuk dirajut sesuai kreasi anda.

Jika anda belum bisa merajut, anda bisa belajar pada teman, saudara, atau melalui buku-buku rajutan. Dengan memahami dan hanya menguasai teknik dasar pun, seseorang sudah mampu membuat suatu produk yang bagus dan bernilai jual tinggi. Berikut beberapa hasil rajutan saya, dan semoga bisa menjadi inspirasi merajut anda.(ranifarinda.blogspot.com)

Share Article :

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better