AKAFARMA dan AKFAR PIM Tebar Penghargaan Mahasiswa berprestasi saat Wisuda -    Tingkatkan Profesionalitas Tenaga Teknis Kefarmasian lewat Uji Kompetensi

BERITA puasa

Published on July 24th, 2013 | by vina

0

Mau Tetap Aktif saat Puasa? Ini dia Tipsnya

PIM – Bermalas-malasan tidak dianjurkan selama bulan suci yang penuh berkah dan pengampunan, Ramadan.  Tetaplah aktif melakukan kegiatan sehari-hari, termasuk amalan-amalan yang mendatangkan pahala serta olah raga ringan. Berolah raga bisa dilakukan pagi hari, misalnya jalan, lari di tempat, bersepeda atau yang lainnya.

puasa.1Selama ini puasa seringkali dijadikan alasan untuk mengurangi aktivitas dan menambah waktu untuk malas-malasan. Padahal menurut dokter, puasa justru memberi efek positif terhadap tubuh dan tubuh bisa tetap bugar meskipun tidak ada asupan makanan dan minuman selama seharian penuh.

“Kuncinya, kebugaran tubuh di siang hari saat berpuasa sangat dipengaruhi oleh makanan dan minuman apa yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Meskipun terdengar klise, tapi toh masih banyak orang yang tidak mengatur menunya dengan benar,” papar dr Phaidon L Toruan, seorang praktisi kesehatan, saat dihubungi oleh detikHealth dan ditulis pada Selasa (23/7/2013).

Menurut dr Phaidon, kebiasaan menyediakan makanan ‘apa adanya’ tanpa memikirkan komposisi nutrisinya merupakan penyebab mengapa banyak orang menjadi tidak aktif beraktivitas saat berpuasa. Berikut 3 tips sederhana namun penting dari dr Phaidon agar saat puasa tetap bugar:

1. Selalu sediakan buah dan sayur saat sahur dan berbuka
Keberadaan sayur dan buah-buahan dalam menu seringkali digantikan oleh kue manis dan gorengan. Nyatanya makanan dan minuman alami seperti sayur dan buah mengandung segudang nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, mereka juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang sangat baik untuk pencernaan. Usahakan untuk selalu makan buah saat sahur dan berbuka, agar kebutuhan vitamin dan mineral tetap terpenuhi.

2. Pilih menu karbohidrat kompleks
Berikutnya, usahakan juga untuk lebih mengonsumsi karbohidrat yang kompleks seperti roti gandum sebagai pengganti roti putih, nasi merah sebagai pengganti nasi putih, dan spageti sebagai pengganti mi. Sedangkan untuk pemanis, gula pasir juga sebaiknya diganti dengan gula aren dan madu.

3. Jauhkan gorengan dari menu sahur dan berbuka
Satu lagi kebiasaan yang dirasakan oleh dr Phaidon masih sulit untuk diubah oleh sebagian besar masyarakat yaitu menyediakan menu gorengan untuk makanan pembuka saat berbuka. Bahkan ada pula yang menyediakan menu gorengan saat sahur karena dirasakan lebih praktis. Nyatanya makanan jenis ini termasuk tak sehat karena dapat menyebabkan asam lambung meningkat dan berisiko kambuh bagi orang yang memiliki maag.

Sumber berita : dikutip dari beberapa sumber
Editor : Vina/PIMfacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Tags: , , , ,


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑

Menu Title