AKAFARMA dan AKFAR PIM Tebar Penghargaan Mahasiswa berprestasi saat Wisuda -    Tingkatkan Profesionalitas Tenaga Teknis Kefarmasian lewat Uji Kompetensi

ARTIKEL mencit

Published on August 3rd, 2017 | by Apry

0

KULIAH DIPLOMA III RASA S 1  HANYA DI AKAFARMA PIM

Malang, Kualitas Pendidikan Diploma III AKAFARMA  PIM (Akademi Analis Farmasi dan Makanan Putra Indonesia Malang) tak bisa diragukan lagi, terutama dalam hal penelitian dan penemuan produk inovasi baru, maka tak heran banyak orang menyebut kuliah di AKAFARMA PIM bobot keilmuannya setara dengan jenjang Sarjana atau S1.

Kampus yang beralamat di Jalan Barito 5 Kota Malang ini selalu mencetak tenaga analis farmasi dan makanan yang berkualitas setiap tahunnya. Hal ini terbukti setiap tahun Alumni AKAFARMA PIM selalu SOLD OUT  alias laris manis diburu dunia usaha dunia industri hingga pemerintahan. Proses  menjadi mahasiswa yang berkualitas tak lepas dari bimbingan dosen yang profesional  sehingga  12 mahasiswa tersebut yang menjadi bagian dari Tim  Penelitihan Dosen Pembimbing yang diketuai oleh Dr. Sentot Joko Raharjo, M.Si sukses menghantarkan  penelitian tersebut lolos seleksi  Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi se-Indonesia  dan menerima dana hibah yang cukup fantastis yaitu  sebesar Rp. 70.000.000 (tujuhpuluh juta rupiah).

1Penelitian dengan judul “Bio Aktif Polisakarida Larut Air dari Umbi Bentoel” tersebut membuat 12 Mahasiswa menemukan ilmu baru yang belum mereka dapat di saat perkuliahan.  “ Penelitihan ini membuat saya mendapat banyak ilmu baru secara nyata dan  mengeksplore hal-hal baru dengan penelitian, ujar Mahisa Ayyuna Nailufar dara asli Arema ini. Lebih lanjut mahasiswi yang saat ini berada di semester 6 tersebut menegaskan bahwa setelah penelitian dirinya banyak mendapat kajian lebih luas tentang kandungan umbi –umbian yang dapat digunakan untuk berbagai hal.

Sementara itu 2 Mahasiswi lain yakni : Noviansa Erlina dan Afrinia Puti Maharani yang ditemui usai melaksanakan UAP (Ujian Akhir Program) mengamini apa yang disampaikan Mahisa Ayyuna Nailufar, mereka juga sangat senang bisa menjadi bagian dari Tim Penelitian  yang diketuai oleh Dr. Sentot Joko Raharjo, M.Si. karena mereka juga mendapat pengalaman baru dan nyata dalam pengelolaan umbi-umbian khususnya umbi bentoel.

UAP (Ujian Akhir Program)  yang tengah diikuti Mahisa Ayyuna Nailufar, Noviansa Erlina, Afrinia Puti Maharani dan mahasiswa-mahasiswi Akafarma tersebut bertujuan untuk sarana penerapan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa yang telah diperoleh selama  kuliah, pembelajaran berkomunikasi dan berargumentasi serta menjadi sarana mahasiswa  untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau penemuan baru  pada bidang analis farmasi dan makanan.

Dari Ujian tersebut mahasiswa akan belajar meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang ilmu analis farmasi dan makanan dengan belajar berkomunikasi secara ilmiah bebas dan terarah maka akan membentuk karakter mahasiswa AKAFARMA PIM  untuk menjadi seorang yang berani, inovatif dan bertanggungjawab, mengembangkan Softskill mahasiswa di bidang ilmu analis farmasi dan makanan.

Ujian Akhir Program (UAP) dengan tema “ Pengembangan dan peningkatan kompetensi melalui penelitihan kimia bahan alam dan pangan fungsional sebagai cerminan karakter mahasiswa AKAFARMA “ tersebut mendatangkan 3 penguji dari Industri tingkat Nasional yakni dari PT. Sasa Inti, PT. Asimas, Penguji dari  Universitas Brawijaya dan  Penguji dari  AKAFARMA PIM sendiri. Keputusan mengambil beberapa penguji dari luar ini diambil karena Kampus yang mempunyai tagline “ Campus Profesional Analys “ ini menginginkan adanya feedback berupa masukan dari beberapa penguji dari luar sehingga akan meningkatkan validasi dalam merancang  kurikulum di AKAFARMA PIM . (apryaje/pimonline)

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑

Menu Title