AKAFARMA dan AKFAR PIM Tebar Penghargaan Mahasiswa berprestasi saat Wisuda -    Tingkatkan Profesionalitas Tenaga Teknis Kefarmasian lewat Uji Kompetensi

TANAMAN OBAT Khasiat Tomat

Published on June 19th, 2013 | by Admin Teguhz

0

Khasiat Tomat

Khasiat Tomat

photo: www.photo-dictionary.com

Akademi Farmasi | Siapa yang tak kenal sayuran merah dengan rasa asam segar ini? Ya, hampir semua orang mengenal tomat yang juga sering kita jumpai di hampir setiap dapur rumah. Sayuran dengan nama latin Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum ini berasal dari negara Amerika Serikat. Tomat banyak digunakan untuk masakan, seperti sup, jus, pasta, bahkan di India tomat digunakan pada semua hidangan berbasis saos. Rasanya yang sedikit asam bahkan membuat selera makan meningkat.

Tak hanya sebagai masakan, tomat pun dapat digunakan sebagai pengobatan, lebih jauh menurut penelitian DR. John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio, sebagai orang pertama yang meneliti manfaat tomat, pada November 1834, menunjukkan bahwa tomat dapat mengobati diare, serangan empedu,gangguan pencernaan, memulihkan fungsi lever, dan sebagai antikanker.

Hal ini dikarenakan tomat memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan, tomat mengandung alkaloid solanin (0,007%), saponin, asam folat, likopen, asam malat, asam sitrat, bioflavonoid (termasuk rutin), protein, lemak, gula (glukosa, fruktosa), adenine, trigonelin, kholin, mineral, (Ca, Mg, P, K, Na, Fe, sulfur, chlorine), vitamin (A, B1, B2, B6, C, E, niasin), dan histamine. Likopen diketahui mempunyai kemampuan sebagai antioksidan dan dapat melindungi tubuh terhadap berbagai macam penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Tidak hanya likopen, namun kandungan-kandungan nutrisi lain dalam tomat juga berkhasiat untuk menjaga, merawat dan bahkan meningkatkan kecantikan wajah Anda. Hal ini tidak lain karena kandungan vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Us Daily Insight menegaskan kandungan itu membuat khasiat tomat untuk kecantikan adalah bisa mengobati jerawat, mengurangi komedo di wajah, hingga mencerahkan kulit dan menghaluskannya. khasiat tomat untuk kecantikan sangat mudah diaplikasikan, bahkan berbagai pengolahannya tidak menghancurkan vitamin yang terkandung di dalamnya.

Khasiat tomat

khasiat tomat

Berikut ini beberapa khasiat tomat untuk kecantikan wajah Anda.

1. Menghilangkan Jerawat

Untuk menghilangkan jerawat ringan, potong irisan tomat dan menerapkan bagian dalamnya di atas kulit Anda. Jika memiliki jerawat parah, lumatkan tomat segar dan menerapkannya langsung pada wajah. Setelah satu jam, cuci wajah dan dapatkan kulit yang lembab. Untuk menghilangkan jerawat dengan cepat, Anda dapat mencobanya setiap hari.

2. Melembabkan Kulit dan Menghilangkan Rasa Gatal

Untuk menghilangkan kulit kering dan gatal, hancurkan setengah butir tomat lalu campurkan dua sendok makan yogurt murni di dalamnya. Ramuan yang dibuat harus diterapkan pada wajah, leher, lengan dan daerah yang terkena sengatan matahari. Cuci setelah 20 menit. Tomat membantu untuk mendinginkan kulit dan menetralkan permukaannya, sedangkan yoghurt menyediakan protein pada kulit untuk membuatnya lebih halus dan fleksibel.

3. Mengecilkan Pori-pori

Pori-pori besar berarti undangan terbuka untuk kotoran dan debu. Jadi, untuk mengecilkannya, ambil satu sendok makan jus tomat segar, tambahkan 2-3 tetes air jeruk nipis di dalamnya. Campur dan oleskan pada wajah serta leher secara keseluruhan dengan bantuan bola kapas. Pijat dengan baik dalam gerakan melingkar. Cuci dengan air dingin setelah 15 menit.

4. Mencerahkan Kulit

Memiliki kulit cerah adalah dambaan setiap orang. Untuk itu, campurkan jus tomat segar dalam madu. Campur dengan baik dan Anda akan mendapatkan pasta kental. Oleskan ke seluruh wajah dan cuci setelah 15 menit.

5. Astringent

Orang yang memiliki kulit berminyak menghadapi masalah berkilau pada kulit, tetapi jangan khawatir, karena tomat adalah solusi dari masalah ini. Hancurkan tomat segar dan saring. Tambahkan jus mentimun segar di dalamnya dengan jumlah yang sama. Oleskan campuran keduanya pada wajah dengan bola kapas setiap hari, hal ini efektif mengendalikan jumlah minyak yang berlebihan serta jerawat.

 khasiat tomat

Sumber:

http://alamicantikmempesona.blogspot.com/2012/09/manfaat-tomat-untuk-kecantikan.html

http://carabadansehat.blogspot.com/2013/04/manfaat-masker-tomat-untuk-kecantikan.html

http://www.sehatceria.info/2013/05/beragam-manfaat-tomat-untuk-kecantikan.html

http://alternative-1st.blogspot.com/2013/03/manfaat-tomat-untuk-kesehatan-dan.html

http://mumtaz-anas.com

Khasiat tomatfacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑

Menu Title