AKAFARMA dan AKFAR PIM Tebar Penghargaan Mahasiswa berprestasi saat Wisuda -    Tingkatkan Profesionalitas Tenaga Teknis Kefarmasian lewat Uji Kompetensi

ARTIKEL Ilmu Kimia Kimia

Published on March 12th, 2015 | by mutaqin Azka

0

Ilmu Kimia Sebenarnya Ada Dimana Mana

Kimia KimiaIlmu Kimia Merupakan ilmu yang mendalami mengenai momen alias fenomena yang terjadi dialam, lebih dalamnya lagi adalah ilmu yang mendalami mengenai materi dan perubahan yang menyertainya.

Ilmu Kimia tak jarangkali dikatakan sebagai pusat ilmu sebab pada disiplin ilmu apapun selalu berhubungan dengan kimia. Seorang pakar yang telah bereksperimen mengenai ilmu kimia dia bisa dikatakan sebagai ilmuwan, dimana ilmuwan tersebut melakukan peneletian yang berhubungan dengan perubahan materi dan perubahan yang menyertainya.

Ilmu Kimia Di Sekitar Kita

Ilmu Kimia didalam keseharian kita ada dimana-mana dan semua yang kita rasakan, kita rasakan misalnya kita cium, kita cicipi adalah berhubungan dengan kimia. Ketika kita menangispun terjadi reaksi kimia, ketika kita laparpun terjadi reaksi kimia, oleh karena itu mendalami ilmu kimia sangat penting untuk mengenal tentang apa yang terjadi disekitar kita.

Tidak sedikit orang tidak mengetahui tentang ilmu kimia, hal yang demikian ini harus diluruska, intinya jangan salah paham mengenai ilmu kimia. Banyak yang beranggapan bahwa ilmu kimia hanya ada di laboratorium, juga menganggap bagian kimia hanya ada pada makanan. Padahal sebenarnya para pakar meyakini bahwa segala sesuatu di Alam ini tidak lepas dari proses kimia.

Bagian Bagian Ilmu kimia

Ilmu kimia mempunyai banyak sekali bagian bagian ilmu diantaranya adalah ilmu kimia analitik, ilmu kimia organik, ilmu kimia anorganik, ilmu biokimia, serta kimia nuklir.

OK kita akan bahas satu satu

Kimia analitik merupakan analisis ke bahan baku untuk mendapatkan pemahaman mengenai susunan kimia dan strukturnya. Kimia analitik berhubungan dengan metode eksperimen standar dalam kimia. Cara cara ini bisa digunakani dalam semua sub disiplin lain dari kimia, kecuali untuk kimia teori murni.

Kimia organik mempelajari struktur, sifat, komposisi, mekanisme, dan reaksi senyawa organik. Sebuah senyawa organik diartikan sebagai segala senyawa yang berdasarkan rantai karbon.

Kimia anorganik meneliti sifat-sifat dan reaksi senyawa anorganik. Perbedaan dari bidang organik dengan anorganik tidak begitu mutlak dan tak sedikit tersedia tumpang tindih, terutama dalam bidang kimia organologam.

Biokimia mendalami senyawa kimia, reaksi kimia, dan interaksi kimia yang terjadi dalam organisme nasib. Biokimia dan kimia organik berhubungan sangat erat, seperti dalam kimia medisinal alias neurokimia. Biokimia juga berhubungan dengan biologi molekular, fisiologi, dan genetika.

Kimia nuklir mengkaji bagaimana bagian subatom bergabung dan membentuk inti. Transmutasi modern merupakan tahap paling besar dari kimia nuklir dan tabel nuklida adalah hasil sekaligus perangkat untuk bidang ini.

Tidak itu saja… masih banyak bidang bidang lain yang berhubungan dengan kimia ini diantaranya semacam astrokimia, biologi molekular, ilmu bahan, fitokimia, gambar kimia, farmatologi dan termokimia. Oleh karena itu sangat mengasikan kalo kita belajar Ilmu Kimia, Ilmu kimia itu tidak sulit.

Karena luasnya ilmu Kimia maka peluangnya pun lebih luas…

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Tags: , , ,


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑

Menu Title