AKAFARMA dan AKFAR PIM Tebar Penghargaan Mahasiswa berprestasi saat Wisuda -    Tingkatkan Profesionalitas Tenaga Teknis Kefarmasian lewat Uji Kompetensi

Sambutan Direktur

SELAYANG PANDANG AKAFARMA PIM

Dengan Berkembangnya pasar bebas, ditandai dengan diberlakukannya AFTA pada tahun 2015 serta semakin meningkatnya kebutuhan dunia industri dan penelitian akan lulusan bidang kefarmasian yang handal dan professional menjadi dasar Yayasan Putra Indonesia Malang untuk menghadapi tantangan tersebut melalui AKAFARMA PIM. AKAFARMA didirikan berdasarkan SK Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. HK.00.06.1.1.488 tanggal 12 Februari 1996 dengan ijin Penyelenggaraan dari Depdiknas sesuai dengan SK Mendiknas RI No. 129/D/O/2006 tanggal 18 Juli 2006. AKAFARMA terakreditasi berdasarkan Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan No. HK.06.01/IV/3/00362/2010. AKAFARMA Putra Indonesia Malang juga telah terakreditasi BAN-PT nomor 002/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-II/2012 ( Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ) pada Mei 2012.

AKAFARMA merupakan jenjang pendidikan Diploma Tiga (D-III) yang bertujuan menghasilkan Ahli Madya Analis Farmasi dan Makanan yang berkompeten di bidangnya, berdedikasi dan berkualitas. Sebagai Analis Farmasi dan Makanan, lulusan mampu memasuki dunia kerja sebagai tenaga laboratorium kontrol kualitas (QC), laboratorium penelitian dan pengembangan (R&D) / laboratorium Quality Assurance (QA) di Industri Obat Tradisioanal / Jamu, Industri Makanan dan Minuman, Industri Farmasi, Industri Kosmetik dan Alat Kesehatan, Kepemerintahan (Dinas Kesehatan dan BBPOM) maupun lembaga penelitian lainnya. Selain itu lulusan juga dibekali dengan kemampuan Entrepreunership untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi wirausahawan di bidang kefarmasian.

Sering ada pemikiran bahwa farmasi merupakan salah satu jurusan yang “Eksklusif” karena termasuk sulit, namun anggapan itu dapat ditepis karena proses pembelajaran di AKAFARMA PIM didesain menarik dan menyesuaikan kebutuhan mahasiswa sebagai insan pembelajar. Mahasiswa dididik untuk menjadi pribadi yang cerdas, bededikasi dan berkarakter unggul melalui pembelajaran yang humanis dengan metode tematik. Pribadi yang cerdas adalah pribadi yang mampu menyelesaikan masalah dalam segala aspek kehidupan serta mempunyai kemampuan untuk menciptakan suatu produk / karya yang kreatif dan inovatif.

Dengan motto “Spirit to Achieve Your Future” bukanlah hal yang mustahil untuk menggapai “Be Success With AKAFARMA PIM”

SISTEM PEMBELAJARAN DAN PROFIL LULUSAN

AKAFARMA PIM menggunakan sistem pembelajaran yang humanistik dengan model tematik. Artinya pembelajaran yang dilakukan ditujukan untuk membentuk manusia seutuhnya. Manusia yang cerdas dengan segala karakternya yang unggul. Kurikulum dan kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan dosen, lingkungan dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi. Pengalaman belajar dimaksud dapat terwujud melalui pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik sesuai budaya dan karakter bangsa. Sehingga nantinya luaran merupakan manusia yang cerdas dan berkarakter unggul sesuai dengan kompetensi dan profesionalismenya.

Lulusan AKAFARMA PIM yang terampil, dikembangkan berdasarkan Multiple Intelegent peserta didik yang beragam. Oleh karena itu, kurikulum AKAFARMA PIM disusun berdasarkan kompetensi sesuai dengan peran dan fungsinya. Adapun profil lulusan AKAFARMA PIM sebagai berikut:
1. Menjadi warga negara yang baik
2. Entrepreuner di laboratorium industri obat sintetik
3. Entrepreuner di laboratorium industri obat tradisional
4. Entrepreuner di laboratorium industri kosmetik dan alat kesehatan
5. Entrepreuner di laboratorium industri makanan danminuman
6. Entrepreuner di laboratorium lingkungan hidup dan pengolahan limbah
7. Entrepreuner dibidang perdagangan Farmasi


Comments are closed.

Back to Top ↑

Menu Title