ARTIKEL "Behind The Scene" Latihan Pembentangan Merah Putih

Published on August 15th, 2017 | by Apry

0

72 Orang Bentangkan Merah Putih 72 meter untuk 72 Tahun Indonesia Merdeka

Malang, Sudah tidak asing lagi bagi kita bahwa tiap 17 Agustus dipastikan melakukan kegiatan  Upacara Bendera  dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Mengacu pada pelaksanaan di tahun sebelumnya upacara tersebut sebagian besar peserta hanya formalitas atau  “mengugurkan tugas” yang diinstruksikan oleh pihak sekolah atau pemeritahan. Sehingga makna  upacara memperingati hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia banyak belum dipahami oleh peserta upacara bahkan nilai-nilai yang diharapkan tertanam di jiwa peserta upacara yang akan menjadi modal  untuk diimplementasikan dalam kehidupan nantinya  belum secara keseluruhan dijiwai.

Hal ini menjadi salah satu tugas lembaga pendidikan yang berada di Jl. Barito 5 Malang bernama Yayasan Putera Indonesia Malang, yang menaungi 4 institusi pendidikan yaitu SMK Putra Indonesia Malang Program Keahlian Kimia Industri  dan Program Keahlian Farmasi Industri, Akademi Analis Farmasi  & Makanan serta Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang untuk mewujudkan dan mempertahankan nilai-nilai perjuangan yang dilahirkan oleh para pejuang yang memiliki sifat hakiki, lestari, luwes dan dinamis yang akan  dijadikan sumber motivasi dan inspirasi bagi generasi penerus dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Adapun tujuan dari upacara 17 Agustus antara lain :

  1. Membentuk karakter DISIPLIN, dengan mengikuti upacara bendera maka akan dilatih tertib dan displin dikarenakan setiap peerta upacara wajib mengikuti susunan upacara secara tertib apabila dikaitkan dengan relevansi kehidupan sehari-hari dengan “ke-disiplin-an” yang telah terbentuk di jiwa peserta upacara maka kehidupan nantinya akan terpola menjadi teratur di segala aspek
  2. Meningkatkan KEKOMPAKAN DAN KEBERSAMAAN, dalam mengikuti upacara bendera peserta upacara harus kompak dalam mengikuti aba-aba dari petugas upacara. Menunjukkan kebersamaan selama mengikuti upacara, seluruh peserta upacara merasakan hal yang sama wajib mengikuti susunan upacara dari awal sampai akhir. Relevansi dengan kehidupan nantinya dengan “kekompakan dan kebersamaan” maka akan lebih mudah dan cepat dalam menuntaskan suatu pekerjaan.
  3. Menumbuhkan jiwa NASIONALISME, mengikuti upacara bendera 17 Agustus diharapkan bukan hanya menjadi ritual semata namun kegiatan tersebut bisa menumbuhkan sikap nasionalisme (cinta tanah air, semangat pantang menyerah, menjaga kerukunan dll)
  4. Dll
Mozaik Merah Putih

Behind The Scene / Preparation Mozaik Merah Putih

Untuk tetap menjaga dan menumbuhkembangan agar tujuan upacara tersebut senantiasa ada di mindset  dan jiwa peserta upacara maka Yayasan Putera Indonesia Malang mendesain kegiatan tersebut dengan beberapa acara  dengan tema “PIM (Putra Indonesia  Malang) BERKIBAR”. Makna  tema tersebut  adalah bawasannya seluruh keluarga besar di lingkungan pendidikan Yayasan Putera Indonesia Malang akan selalu siap dan berperan aktif disegala bidang  agar Indonesia berkibar disegala penjuru. Acara  yang akan ditampilkan saat upacara tersebut  adalah :

  1. Pembentangan kain merah putih sepanjang 72 meter dan dibentangkan oleh 72 peserta   Filosofi dari panjang 72 meter adalah menunjukkan usia kemerdekaan Bangsa Indonesia saat ini, begitu juga 72 peserta yang mengibarkan kain merah putih. Nilai jiwa NASIONALISME, KEKOMPAKAN  & KERJASAMA yang diusung pada acara ini
  2. Pembentukan konfigurasi/mozaik dengan empat (4) tampilan yaitu 72 tahun, warna merah putih dan logo Yayasan Putera Indonesia Malang. Nilai NASIONALISME, KEKOMPAKAN & KERJASAMA dan DISPLIN yang diusung pada acara ini
  3. Tari Kreasi Nusantara yang menampilkan tarian yang mengusung keanekargaman peserta didik yang ada di lingkungan pendidikan Yayasan Putera Indonesia Malang. Nilai KEKOMPAKAN & KERJASAMA dan DISIPLIN yang disung pada acara ini.

Pelaksanan tersebut akan dilaksanakan pada :

Hari/tgl : Kamis, 17 Agustus  2017
Waktu : 08.00 WIB  – 11.00 WIB
Tempat : Jl. Barito No 5 Malang

Dengan kegiatan upacara bendera  pada 17 Agustus 2017 diharapkan akan memberikan kesan semangat kemerdekaan pada generasi muda yang akan memberikan harapan yang cemerlang dan gemilang di masa mendatang. (devanus )

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Tags: , , , , , , , ,


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑

Menu Title